Dari keturunan Abdu Manaf1 ada lima orang yang sangat mirip dengan Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam,
sehingga karena kemiripan ini orang yang kurang tajam penglihatannya sering tidak bisa membedakan
antara Nabi
Shalallahu 'alaihi wasalam dengan lima orang tersebut.
Mereka yang menyerupai Nabi Shalallahu 'alaihi wasalam adalah Abu Sufyan bin al-Harits bin Abdul Muthallib, anak
paman Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam dan saudara sesusuannya, Qutsam bin al-Abbas bin Abdul Muthallib, juga
anak paman Nabi Shalallahu 'alaihi wasalam, Sa'ib bin Ubaid bin Abdi Yazid bin Hasyim, kakeknya Imam Syafi'i, Hasan
bin Ali cucu Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam, dia adalah orang sangat mirip dengan Nabi Shalallahu 'alaihi
wasalam dari kelima orang lainnya dan yang terakhir adalah Ja'far bin Abu Thalib, saudara kandung Amirul Mu'minin Ali
bin Abu Thalib.
Abu Thalib, meskipun kedudukannya sangat
terhormat di kalangan Quraisy dan sangat terpandang di antara kaumnya, adalah sosok yang sederhana dan memiliki
banyak keluarga. Keadaannya sangat memprihatinkan pada tahun kekeringan. Ketika itu, tidak ada hujan yang turun
yang membasahi tanah kaum Quraisy sehingga tanaman mereka hancur dan hewan ternak mereka binasa. Keadaan itu
memaksa banyak orang untuk memakan tulang belulang yang sudah membusuk.
Ketika itu, tidak ada orang dari kalangan bani Hasyim yang lebih baik keadaannya dari Muhammad bin Abdullah dan
pamannya
Abbas. Muhammad berkata kepada Abbas, "Wahai paman, sesungguhnya, saudaramu Abu Thalib memiliki
keluarga yang banyak. Dan engkau melihat sendiri kekeringan dan kelaparan telah menimpa manusia. Maka, marilah
kita pergi menemuinya untuk kita bawa sebagian keluarganya. Aku mengambil salah satu anaknya dan engkau
mengambil anaknya yang lain kemudian kita tanggung keperluan mereka berdua."
Abbas berkata, "Sungguh, engkau telah mengajak kepada kebaikan."
Akhirnya, mereka berdua pergi dan setibanya di hadapan Abu Thalib mereka berkata, "Sesungguhnya, kami ingin
meringankan
beban yang engkau pikul dalam menghidupi keluargamu agar keadaan sulit ini, yang juga menimpa orang
lain, bisa teratasi."
Abu Thalib menjawab, "Jika kalian berdua meninggalkan 'Uqail2 untuk tetap berada di sisiku, maka berbuatlah seperti
yang kalian kehendaki.
Maka, Muhammad mengambil Ali untuk dijadikan orang yang berada di bawah tanggungannya dan Abbas mengambil
Ja'far untuk dibawa kepada keluarganya.
Ali hidup bersama Muhammad sampai suatu masa di mana Allah mengangkat Muhammad sebagai seorang Rasul yang
membawa agama yang hak dan Ali adalah orang yang pertama kali masuk Islam dari kalangan remaja. Sedangkan
Ja'far hidup bersama pamannya Abbas sampai ia dewasa lalu masuk Islam dan akhirnya
bisa hidup mandiri.
Ja'far bin Abu Thalib dan istrinya, Asma' binti 'Umais, masuk ke barisan cahaya iman di awal perjalanan dakwah. Mereka
berdua
masuk Islam atas ajakan Abu Bakar ash-Shiddiq Rodhiallahu 'anhu sebelum Rasulullah Shalallahu 'alaihi
wasalam masuk ke rumah Arqam.3
Pemuda keturunan Hasyim dan istrinya itu mendapatkan siksaan dari kaum Quraisy sebagaimana orang-orang yang
pertama kali masuk Islam. Mereka berdua sabar atas siksaan itu karena mereka tahu bahwa jalan menuju surga penuh
dengan duri dan kesulitan. Akan tetapi, yang membuat pikiran mereka berdua dan saudara-saudara mereka yang
seiman berat dan keruh adalah sikap kafir Quraisy yang menghalangi mereka untuk menghidupkan
syiar Islam dan
merasakan kelezatan beribadah. Mereka selalu mengintai dan mengawasi gerak-gerik mereka di setiap tempat, bahkan
mereka sepertinya menghitung embusan napas orang-orang tersebut.
Ketika itulah Ja'far bin Abu Thalib meminta izin kepada Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam untuk hijrah ke Habasyah
bersama istri dan beberapa sahabat. Dengan penuh rasa sedih Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam mengizinkan
mereka berhijrah. Padahal sebenarnya, sangat berat bagi Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam mengizinkan mereka
untuk meninggalkan tempat tinggal mereka, tempat bermain mereka di waktu kecil, dan tempat mereka menghabiskan
masa muda mereka tanpa ada dosa yang mereka lakukan melainkan hanya karena mereka mengucapkan "Tuhan kami
adalah Allah." Akan tetapi, Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam tidak memiliki kekuatan yang dapat melindungi mereka
dari penyiksaan yang dilakukan oleh kafir Quraisy.
Akhirnya, rombongan kaum Muhajirin pertama pergi menuju ke negeri Habasyah dipimpin oleh Ja'far bin Abu Thalib
Rodhiallahu 'anhu. Di sana, mereka berada di bawah perlindungan Najasyi, Raja Habasyah yang terkenal adil dan baik.
Untuk pertama kalinya, sejak mereka masuk Islam, mereka bisa menikmati rasa aman dan merasakan nikmatnya
beribadah tanpa ada yang mengganggu
ibadah dan merusak kebahagiaan mereka.
Orang-orang Quraisy mengetahui kepergian rombongan umat Islam ini ke negeri Habasyah. Mereka juga mengetahui
bahwa di bawah perlindungan (suaka) dari raja yang berkuasa di sana, rombongan tersebut mendapatkan rasa tenang
dalam menjalankan
agama mereka dan rasa aman dalam memegang akidah mereka. Maka, di antara orang-orang
Quraisy itu ada yang mengusulkan untuk membunuh mereka yang hijrah atau mengembalikan mereka ke Mekah dan
selanjutnya dimasukkan ke dalam ruang tahanan yang besar.
Sekarang, mari kita simak penuturan Ummu Salamah Rodhiallahu 'anha tentang peristiwa hijrah ini, seperti yang ia
saksikan sendiri dengan matanya dan ia dengar dengan telinganya. Ia Rodhiallahu 'anha berkata, "Ketika kami menetap
di Habasyah, kami merasakan bahwa Habasyah adalah tempat yang baik untuk berlindung. Kami merasa aman dalam
menjalankan ajaran agama kami. Kami bisa beribadah kepada Tuhan kami, Allah Subhanahu wa Ta'ala, tanpa merasa
disakiti atau mendengar
perkataan yang tidak kami sukai. Ketika berita tentang kami ini sampai kepada kaum Quraisy,
mereka membuat sebuah rencana untuk kami. Mereka mengirim dua orang yang terkenal kuat dari kalangan mereka
untuk menemui Najasyi. Mereka berdua adalah Amr bin Ash dan Abdullah bin Abi Rabi'ah. Bersama kedua orang
tersebut dikirim juga sejumlah barang dari tanah Hijaz yang disukai orang-orang Habasyah dalam jumlah yang banyak
untuk diserahkan kepada Najasyi dan para pendetanya. Mereka berpesan kepada kedua orang itu untuk menyerahkan
hadiah berupa barang yang dibawa kepada seluruh pendeta terlebih dahulu sebelum berbicara kepada raja Habasyah
tentang kami.
Ketika dua orang utusan kaum Quraisy itu tiba di Habasyah, mereka langsung menemui para pendeta dan memberikan
hadiah yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Tidak ada satu pun dari para pendeta yang mereka temui melainkan
mereka berikan hadiah seraya berkata, 'Sesungguhnya, ada beberapa orang dari kalangan orang-orang bodoh kaum
kami yang tinggal di negeri raja Habasyah ini. Mereka telah keluar dari agama bapak-bapak dan kakek-kakek mereka.
Mereka telah memecah belah persatuan kaum mereka. Jika kami menghadap raja dan membicarakan masalah mereka,
berikanlah masukan kepadanya agar ia menyerahkan
orang-orang tersebut kepada kami tanpa perlu ia menanyakan
agama baru mereka, karena para pembesar kaum mereka lebih mengetahui keadaan dan keyakinan mereka.'
Para pendeta itu menjawab, 'Ya.'''
Ummu Salamah berkata, "Ketika itu, tidak ada yang lebih dibenci
oleh Amr dan temannya melainkan raja Najasyi
memanggil salah seorang dari kami dan mendengarkan perkataannya."
Kemudian kedua utusan Quraisy itu menghadap Najasyi dan memberikan beberapa hadiah kepadanya. Sang raja begitu
tertarik
dan sangat mengagumi hadiah-hadiah tersebut. Lalu, kedua utusan itu berkata, "Wahai Raja, sesungguhnya,
beberapa orang jahat dari kaum kami telah tinggal di wilayah kerajaanmu. Mereka datang membawa agama yang tidak
kami kenal, bahkan engkau juga tidak mengenalinya. Mereka meninggalkan agama kami, tetapi mereka juga tidak
masuk agamamu. Dan sesungguhnya, para pembesar kaum mereka dari kalangan keluarga mereka, yaitu bapak-bapak
dan paman-paman mereka telah mengutus kami kepadamu untuk bisa memulangkan kembali orang-orang tersebut
kepada keluarga mereka. Para pembesar itu adalah orang yang paling tahu tentang fitnah yang telah mereka buat."
Najasyi menoleh ke arah para pendetanya. Kemudian para pendeta itu pun berkata, "Wahai Raja, kedua utusan itu
memang benar. Sesungguhnya, kaum mereka lebih mengetahui keadaan mereka dan lebih mengetahui apa yang telah
mereka lakukan. Kembalikanlah orang-orang tersebut kepada kaum mereka. Biarkanlah kaum mereka memutuskan
perkara mereka."
Mendengar perkataan para pendetanya itu, raja Najasyi sangat marah. Ia berkata, "Demi Allah, tidak! Aku tidak akan
menyerahkan
orang-orang itu kepada siapa pun sebelum aku memanggil mereka dan menanyakan hal-hal yang
dikaitkan kepada mereka. Jika benar keadaan mereka seperti yang dikatakan oleh dua orang utusan ini, aku akan
serahkan mereka kepada kedua orang ini. Dan jika keadaan mereka tidak seperti yang dikatakan, aku akan melindungi
mereka dan aku akan bersikap baik kepada mereka selama mereka masih mau meminta perlindunganku."
Ummu Salamah berkata, "Kemudian Najasyi mengutus seseorang
untuk memanggil kami dan bertemu dengannya.
Sebelum pergi menemui Najasyi, kami berkumpul terlebih dahulu. Sebagian dari kami berkata, 'Sesungguhnya, Raja
akan bertanya kepada kalian tentang agama kalian. Maka, bersikap tegaslah terhadap keyakinan kalian. Dan hendaknya
yang berbicara mengenai kalian adalah Ja'far bin Abu Thalib, tidak boleh ada yang berbicara selainnya.'"
Ummu Salamah berkata, "Kemudian kami pergi menemui Najasyi. Setibanya di sana, aku melihat para pendeta juga
dipanggil oleh Najasyi. Mereka duduk di sebelah kanan dan kiri raja. Mereka memakai
jubah resmi kependetaan,
mengenakan peci di atas kepala mereka, dan membuka kitab-kitab suci di hadapan mereka. Kami juga melihat Amr bin
Ash dan Abdullah bin Abi Rabi'ah berada di sisinya. Ketika kami sudah duduk, Najasyi menengok ke arah kami dan
bertanya, 'Agama apakah yang telah kalian buat ini yang dengan sebabnya kalian keluar dari agama kaum kalian tetapi
tidak masuk ke dalam agamaku, bahkan agama-agama lainnya?'
Ja'far bin Abu Thalib maju dan berkata, 'Wahai Raja, dulu kami adalah kaum yang dikenal sebagai orang-orang bodoh.
Kami menyembah berhala, memakan bangkai, melakukan perbuatan keji, memutus tali silaturahmi, berbuat buruk
terhadap tetangga, dan orang yang kuat di antara kami menindas yang lemah. Seperti itulah keadaan kami sampai
akhirnya Allah mengutus kepada kami seorang Rasul yang kami ketahui nasabnya, kejujurannya, amanahnya, dan
kesuciannya. Ia mengajak kami untuk mengesakan
Allah, menyembah-Nya, dan meninggalkan semua yang kami dan
orang-orang tua kami biasa menyembahnya selain-Nya, yaitu berupa bebatuan dan berhala. Ia memerintahkan kami
untuk berbicara
jujur, menunaikan amanah, bersilaturahmi, berbuat baik terhadap tetangga, menjauhkan diri dari segala
perbuatan yang haram, dan tidak menumpahkan darah. Melarang kami berbuat keji, berbicara dusta, memakan harta
anak yatim, dan memfitnah wanita-wanita. Ia memerintahkan kami untuk menyembah hanya kepada Allah, tidak
menyekutukan-Nya dengan apa pun. Memerintahkan
kami untuk mendirikan shalat, membayar zakat, dan berpuasa di
bulan Ramadhan. Maka, kami membenarkannya, mengimaninya,
dan mengikuti apa yang dibawa olehnya dari sisi
Allah. Kami menghalalkan apa yang dihalalkan bagi kami dan mengharamkan
apa yang diharamkan bagi kami. Wahai
Raja, apa yang dilakukan oleh kaum kami tidak lain adalah mereka memusuhi kami dan menyiksa kami dengan siksaan
yang berat agar kami tersiksa dengan agama kami, dan mereka bisa mengembalikan kami menyembah berhala. Ketika
mereka berbuat zalim kepada kami, menyiksa kami, menjadikan kami dalam keadaan sulit, dan menghalangi kami untuk
melakukan ajaran agama kami. Kami pergi ke negerimu. Kami memilihmu dari yang lainnya. Kami menginginkan
perlindunganmu dan kami berharap tidak ada di antara kami yang dizalimi ketika berada di sisimu.'"
Ummu Salamah berkata, "Najasyi menoleh ke arah Ja'far bin Abu Thalib. Ia berkata, 'Adakah sesuatu yang dibawa oleh
Nabi kalian yang datang dari Allah yang bisa kalian tunjukkan?'
Ja'far menjawab, 'Ya.'
Kemudian Najasyi berkata, 'Bacakanlah kepadaku!' Maka Ja'far membaca, Surat Maryam: 1-4, yang artinya:
'Kaaf Haa Yaa 'Ain Shaad. (Yang dibacakan ini adalah) penjelasan tentang rahmat Tuhan kamu kepada hamba-Nya,
Zakaria. Yaitu, tatkala ia berdoa kepada Tuhannya dengan suara yang lembut. Ia berkata, "Ya Tuhanku, sesungguhnya,
tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi
uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau,
ya Tuhanku. '"
Ummu Salamah berkata, "Mendengar firman Allah tersebut Najasyi menangis sehingga janggutnya basah oleh air mata.
Para pendeta yang hadir juga menangis sehingga membasahi kitab-kitab mereka. Ketika itu, Najasyi berkata kepada
kami, 'Sesungguhnya, apa yang dibawa oleh Nabi kalian dan yang dibawa oleh Isa adalah berasal dari sumber yang
sama.' Kemudian, ia berpaling ke arah Amr dan seorang temannya seraya berkata, 'Pergilah kalian berdua. Demi Allah,
sekali-kali aku tidak akan menyerahkan mereka kepada kalian berdua!'"
Ummu Salamah berkata, "Ketika kami keluar dari sisi Najasyi, Amr bin Ash mengancam kami dengan berkata kepada
temannya,
'Demi Allah, besok aku akan mendatangi Raja kembali. Aku akan menceritakan kepadanya ajaran mereka
yang bisa membuatnya
marah besar dan hatinya sakit penuh kebencian. Aku akan memprovokasi agar raja
membinasakan mereka.'
Abdullah bin Abi Rabi'ah berkata, 'Jangan engkau lakukan hal itu, wahai Amr. Mereka masih termasuk sanak saudara
kita, sekalipun mereka bertentangan dengan kita.'
Amr berkata kepadanya, 'Janganlah engkau pikirkan hal ini. Demi Allah, aku akan memberitahukan raja perkara yang
akan mengguncangkan pijakan kaki mereka. Demi Allah, aku akan mengatakan
kepada raja bahwa mereka
mengatakan bahwa lsa bin Maryam adalah seorang hamba.'"
Keesokan harinya Amr menemui Najasyi. Ia berkata, "Wahai Raja, sesungguhnya, orang-orang yang engkau beri
perlindungan mengatakan suatu perkataan yang sangat menyakitkan tentang lsa bin Maryam. Panggillah mereka dan
tanyakan kepada mereka tentang hal tersebut."
Ummu Salamah berkata, "Ketika kami mengetahui hal itu, perasaan khawatir dan sedih yang belum pernah kami
rasakan sebelumnya menimpa kami. Di antara kami ada yang bertanya, 'Apa yang akan kita katakan tentang Isa bin
Maryam jika nanti ditanya oleh raja?'
Kami semua menjawab, 'Demi Allah, kita tidak akan mengatakan
apa pun melainkan perkataan yang telah difirmankan
oleh Allah. Dan kita tidak akan keluar seujung jari pun dari ajaran yang dibawa oleh Nabi kita. Biarlah sesuatu yang
terjadi itu terjadi
karena perkataan kita ini.' Kemudian, kami sepakat bahwa yang akan mewakili kita dalam mengatakan
hal ini adalah juga Ja'far bin Abu Thalib."
Ketika Najasyi memanggil kami dan kami masuk ke istananya, kami melihat para pendetanya berada pada posisi yang
sama seperti yang kami lihat sebelumnya dengan seragam kebesaran mereka. Kami melihat juga Amr bin Ash berada di
sisinya. Ketika kami sudah berada di hadapannya, ia langsung bertanya kepada kami, "Apa yang kalian katakan tentang
Isa bin Maryam?"
Ja'far bin Abu Thalib menjawab, "Kami hanya mengatakan sesuatu yang dikatakan oleh Nabi kami Shalallahu 'alaihi
wasalam. "
Najasyi berkata, "Apa yang dikatakan oleh Nabi kalian tentang Isa ?"
Ja'far menjawab, "Nabi kami berkata bahwa Isa adalah hamba Allah dan Rasul-Nya, Ruh-Nya, dan kalimat-Nya yang
ditiupkan
kepada Maryam, perawan suci."
Mendengar jawaban Ja'far bin Abu Thalib, Najasyi langsung memukulkan tangannya ke bumi seraya berkata, "Demi
Allah, Isa bin Maryam tidak keluar sehelai rambut pun dari apa yang dikatakan oleh Nabi kalian!"
Mendengar itu, para pendeta yang berada di sisi Najasyi saling berbisik sebagai tanda pengingkaran mereka terhadap
pernyataan
yang mereka dengar. Najasyi berkata, "Kenapa kalian berbisik?" Kemudian ia menoleh ke arah kami dan
berkata, "Pergilah kalian! Kalian aman. Barangsiapa yang mencela kalian, maka dia akan menanggung rugi dan
barangsiapa yang menyakiti kalian, maka dia akan diberi sanksi. Demi Allah, aku tidak senang memiliki emas segunung,
jika salah seorang dari kalian tertimpa keburukan."
Kemudian ia berpaling ke arah Amr bin Ash dan temannya seraya berkata, "Kembalikanlah kepada kedua orang ini
hadiah-hadiah yang telah mereka berikan. Aku tidak membutuhkannya."
Ummu Salamah berkata, "Maka keluarlah Amr dengan temannya
sebagai pecundang yang membawa kegagalan.
Sedangkan kami, akhirnya, bisa hidup di negeri yang baik bersama seorang tetangga yang baik, Najasyi."
Ja'far bin Abu Thalib dan istrinya menghabiskan masa hidup mereka di negeri Najasyi dalam keadaan tenang selama
sepuluh tahun. Pada tahun ke-7 Hijriah mereka berdua bersama beberapa orang Islam meninggalkan negeri Habasyah
menuju Yatsrib. Ketika mereka sampai di Yatsrib, Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam baru kembali dari Khaibar4,
setelah Allah memberikan kemenangan atas wilayah tersebut. Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam sangat bergembira
bertemu dengan Ja'far sampai ia mengatakan, "Aku tidak tahu karena apa aku sangat gembira: apakah karena
kemenangan atas wilayah Khaibar atau karena kedatangan Ja'far?"
Kegembiraan umat Islam khususnya orang-orang fakir atas kembalinya Ja'far tidak kalah hebatnya dengan kegembiraan
Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam, karena Ja'far dikenal sangat lemah lembut terhadap
orang-orang yang lemah
dan banyak berbuat baik kepada mereka sehingga ia dijuluki sebagai "bapaknya orang-orang miskin."
Abu Hurairah Rodhiallahu 'anhu meriwayatkan, "Orang yang sangat baik kepada kami, para orang miskin, adalah Ja'far
bin Abu Thalib. Pernah kami mendatangi rumahnya dan ia memberi kami makanan
yang ada padanya. Bahkan, ketika
makanannya habis, ia mengeluarkan
kaleng kecil yang biasa digunakan sebagai tempat minyak samin. Dalam kaleng
itu tidak ada apa pun, maka kami membelahnya dan kami jilati sisa-sisa yang menempel di dalamnya."
Tidak lama Ja'far bin Abu Thalib tinggal di Madinah. Di awal tahun ke-8 Hijriah, Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam
mempersiapkan pasukan untuk menaklukkan Romawi yang berkuasa di Negeri Syam dan menunjuk Zaid bin Haritsah
sebagai panglima pasukan. Ia berkata,
"Jika Zaid terbunuh atau tertimpa musibah, maka yang menjadi panglima
penggantinya adalah Jafar bin Abu Thalib. Jika Jafar terbunuh
atau tertimpa musibah, maka yang menjadi panglima
penggantinya
adalah Abdullah bin Rawahah. Jika Abdullah bin Rawahah terbunuh atau tertimpa musibah, maka umat
Islam yang ikut berperang hendaknya memilih salah seorang dari mereka sebagai panglima."
Ketika pasukan Islam sampai di daerah Mu'tah, yaitu sebuah kampung kecil di pinggiran Syam di wilayah Yordania,
mereka mendapati Romawi telah menyiapkan seratus ribu tentara di tambah seratus ribu lagi dari kaum Nasrani Arab
dari suku Lakhm, Judzam, Qudha'ah, dan lainnya. Sedangkan pasukan Islam hanya berjumlah tiga ribu tentara.
Ketika kedua pasukan sudah saling bertemu dan peperangan sudah berkecamuk, Zaid bin Haritsah menyambut
kematian dengan berani. Ia terbunuh sebagai syahid. Ketika itu, Ja'far bin Abu Thalib langsung melompat dari punggung
kudanya yang memiliki
rambut berwarna merah kekuning-kuningan, lalu menusuknya
dengan pedangnya agar tidak
ada musuh yang mengambil manfaatnya setelah itu. Ia membawa panji perang dan masuk ke jantung barisan Romawi
sambil melantunkan syair,
"Duhai Surga yang begitu dekat
yang enak dan segar airnya
Romawi oh Romawi, sudah dekat siksanya
orang kafir yang tidak berguna nasabnya
apabila aku telah bertemu dengannya
maka hanya sabetan pedang yang menyambutnya"
Ia berputar-putar di tengah-tengah pasukan musuh sambil mengayunkan pedangnya. Sampai akhirnya, ia terkena
sabetan pedang sehingga tangan kanannya putus. Kemudian ia pegang panji perang dengan tangan kirinya. Belum
berapa lama, ia terkena lagi sabetan pedang dan tangan kirinya pun putus. Lalu, ia pegang panji perang dengan
menggunakan dada dan kedua lengannya.
Sesaat kemudian, ia terkena sabetan yang ketiga yang membelah
tubuhnya. Setelah itu, panji perang langsung diambil oleh Abdullah bin Rawahah. Ia terus berperang sampai akhirnya ia
menyusul kedua sahabatnya yang syahid terlebih dahulu.
Berita kematian tiga panglima pasukan Islam sampai kepada Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam dan itu membuatnya
sangat sedih dan merasa sangat menyakitkan. Rasulullah pergi menuju rumah Ja'far bin Abu Thalib anak pamannya. Ia
bertemu istrinya Asma' binti Umais yang sudah bersiap-siap menyambut kedatangan suaminya yang sedang pergi. Ia
telah membuat makanan, memandikan anak-anaknya,
memberikan wewangian kepada mereka, dan memakaikan
pakaian mereka.
Asma' berkata, "Ketika Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam menemui kami, aku melihat di wajahnya ada gambaran
kesedihan yang mengotori wajahnya yang mulia. Karena itu, perasaan khawatir langsung meliputi hatiku. Aku tidak
berani menanyakan keadaan Ja'far kepadanya, takut kalau seandainya aku mendengar sesuatu yang tidak aku
inginkan. Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam memberi salam dan berkata, 'Panggilkan anak-anak Ja'far!' Maka, aku
langsung memanggil mereka. Setelah dipanggil, mereka langsung menuju ke arah Rasulullah dengan penuh gembira.
Mereka saling berebut untuk bisa dekat dengannya.
Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam memeluk mereka dan menciumi mereka dengan air mata yang bercucuran dari
kedua matanya. Aku bertanya, 'Wahai Rasulullah, demi ayah dan ibuku sebagai tebusan, gerangan apakah yang
membuatmu menangis? Adakah berita tentang Ja'far dan kedua temannya yang engkau ketahui?'
Ia menjawab, 'Ya, mereka semua telah mendapatkan kesyahidan hari ini .... '"
Ketika itu, hilanglah senyum dan kegembiraan dari wajah anak-
anak Ja'far yang masih kecil setelah mereka mendengar
ibu mereka menangis. Mereka terpaku seakan-akan di atas kepala mereka ada seekor burung.
Adapun Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam, ia terus pergi sambil mengusap air matanya seraya berdoa, "Ya Allah,
berilah pengganti Ja'far bagi anak-anaknya. Ya Allah, berilah pengganti Ja'far bagi keluarganya." Kemudian beliau
berkata, "Aku melihat Jafar berada di dalam surga. Dia memiliki dua sayap yang berlumuran darah dan bagian
depannya juga tercelup darah." (Hadits).
1. Abdu Manaf adalah salah seorang dari kakek (moyang) Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam. Ia memiliki sepuluh
keturunan yang merupakan kerabat dekat Nabi Shalallahu 'alaihi wasalam . 2. Khaibar adalah kawasan bentengbenteng
Yahudi yang ditaklukkan oleh Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam. Pada tahun 7 H dan berhasil merampas
kekayaan dalam jumlah yang sangat besar.
3. Darul Arqam adalah sebuah rumah yang berada di kota Mekah dan disebut sebagai Darul Islam (rumah Islam).
Rumah itu milik Arqam bin Abdu Manaf al-Makhzumi. Di rumah itu Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam mengajak
manusia untuk masuk Islam.4.' Uqail bin Abu Thalib adalah kakak kandung Ali.
Ja'far bin Abu Thalib
Labels:
Ja'far bin Abu Thalib,
TOKOH TELADAN ISLAM
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar